Hadits Tentang Bagaimana Cara Ketika Menghadapi Begal

Assalamualaikum wr. wb.
Akhir - akhir ini umat sering digegerkan dengan pembegalan motor yang sedang marak maraknya. Di beberapa wilayah di Indonesia hal ini sangat sering terjadi. Begal yang sekarang pun tidak kenal ampun, mereka tidak segan untuk membacok korbannya tanpa basa - basi. Hal inilah yang membuat masyarakat sangat marah dan benci kepada para pembegal, hingga muncullah kasus pembakaran hidup - hidup seorang begal yang tertangkap oleh masyarakat.

Hadits Tentang Cara Menghadapi Begal


Tetapi saudara - saudaraku, junjungan kita Rasulullah SAW telah bersabda mengenai hal ini, melalui haditsnya. Mari kita baca beberapa poin poin penting berikut :

Jangan Menyerah Begitu Saja Ketika Dibegal


Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa terbunuh dalam mempertahankan hartanya, maka ia syahid.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Abul A’war Sa’id bin Zaid bin Amr bin Naufil ra., salah seorang di antara sepuluh orang yang dipastikan masuk surga, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa terbunuh dalam mempertahankan hartanya, maka ia mati syahid, dan barangsiapa terbunuh dalam mempertahankan darahnya [dirinya] maka ia mati syahid, barangsiapa terbunuh dalam mempertahankan agamanya maka ia mati syahid, dan barangsiapa terbunuh dalam mempertahankan keluarganya, maka ia mati syahid.” (HR Abu Dawud dan Turmudzi)

Melawan Ketika Dibegal

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Suatu ketika datang seorang laki-laki kepada Rasulullah saw. lalu berkata: “Wahai Rasulallah, bagaimanakah jika ada seseorang datang untuk merebut hartaku?” Beliau bersabda: “Jangan kamu berikan.” Lelaki itu bertanya: “Bagaimanakah jika ia menyerangku?” Beliau bersabda: “Ganti serang dia.” lelaki itu bertanya lagi: “Bagaimana jika ia berhasil membunuhku?” Beliau bersabda: “Kamu mati syahid.” Lelaki itu bertanya lagi: “Bagaimana jika saya berhasil membunuhnya?” Beliau bersabda: “Dia berada di neraka.” (HR Muslim)


Berdasarkan hadist di atas, kita tentu sudah tahu urutan langkah - langkah yang harus dilakukan.
Tapi ingatlah saudaraku, mencegah lebih baik dari mengobati, akan lebih bijaksana jika kita menghindari pembegalan tersebut, misalnya sesuai instruksi Kepala Urusan Sub Bagian Humas Polres Kota Depok, Ipda Bagus Suwandi :
“Kalau merasa ada yang hendak mempepet kendaraan kita, klaksonnya ditekan terus. Tujuannya untuk menarik perhatian warga sekitar,” dikutip dadi Kompas.com, Selasa (27/1/2015).
Saudara saudaraku, bagaimanapun juga keselamatan adalah hal utama, hindarilah pembegalan jika memungkinkan, ingat keluarga kita menunggu di rumah.

Semoga bermanfaat artikel dari , nuturi kang becik. aamiin. Admin pamit undur diri.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »

Komentar yang sopan ya ^_^ ConversionConversion EmoticonEmoticon